ATURAN MAKAN SAAT BEROLAH RAGA

1 Mar

Saat berolahraga, tubuh harus memiliki cukup energi untuk dibakar. Oleh karena itu, sebelum berolahraga, pastikan kita tidak lupa makan. Sebaliknya, jangan sampai pula kita berolahraga dengan perut penuh alias kelewat kenyang, karena akan membuat kita tak nyaman. Kapan saat yang tepat untuk makan, dan apa saja yang harus dikonsumsi? Dr Michael Triangto, SpKO dari Slim & Sports Therapy, Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, menjelaskannya untuk Anda.

ATURAN DASAR

Glukosa merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan dalam beraktivitas. Untuk mendapatkan kecukupan glukosa, sebelum berolahraga sebaiknya konsumsilah makanan yang mudah dicerna dan banyak mengandung karbohidrat. Intinya, makanlah makanan ringan yang tinggi karbohidrat, seperti kentang panggang, pasta, atau kue bagel 2-3 jam sebelum mulai berolahraga. Buah-buahan yang kaya akan kandungan karbohidrat, seperti pisang dan apel, juga bisa dijadikan alternatif.

Yang penting untuk diingat, selalu makanlah secukupnya. Jangan pernah berlebih hingga kekenyangan yang selain membuat tubuh malas bergerak, juga akan menimbulkan perasaan penuh yang sangat tak nyaman. Bahkan menyebabkan kram perut dan memperbesar kemungkinan muntah atau setidaknya mual selagi berolahraga.

Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari sebelum berolahraga adalah makanan yang banyak mengandung lemak. Mengapa? Karena lemak butuh waktu lama untuk dicerna. Lemak juga akan menetap di lambung dalam jangka waktu lama. Selain itu, makanan berlemak akan menarik darah ke lambung untuk membantu pencernaan, yang berpotensi menyebabkan kram perut, kejang, dan ketidaknyamanan lainnya. Jenis makanan lain yang juga sebaiknya dihindari adalah daging, gorengan, kue-kue yang terlalu manis, permen, dan sejenisnya.

Waktu yang tepat dan jenis makanan yang dianjurkan
* 4 jam sebelum berolahraga bolehmakannasi dengan lauk-pauk, atau kentang, atau sereal rendah lemak, ditambah buah segar atau jus buah/sayuran.

* 2-3 jam sebelum berolahraga sebaiknya santap makanan yang lebih ringan, seperti roti, buah, yogurt, atau energy drink berkarbohidrat tinggi.

* 1 jam sebelum berolahraga, pilihlah sport drink atau buah-buahan yang banyak mengandung air atau jus buah dan sayuran. Minuman di fase ini lebih bertujuan untuk mencukupi kebutuhan akan cairan. Perhatikan jumlahnya agar jangan berlebihan karena akan membuat tubuh lebih berat dan mempersering buang air kecil.

Theresia Puspayanti, tabloid nakita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: